Keamanan Data: Secure Delete

Beberapa waktu lalu saya dimintai tolong untuk  mengecek HD WDC Green 1 tera yang mengalami file corrupt sekaligus membackup dan menghapus semua isinya supaya tidak bisa direcovery lagi karena HD tersebut akan dijual.

Pada kesempatan ini saya akan menceritakan pengalaman saya saat menggunakan  Black 1 Tera dan WDC Green yang sedang sakit ini. Artikel kali ini tentang “secure delete

Mungkin kita pernah membaca iklan di koran mengenai mesin pencacah kertas untuk kantor atau iklan layanan jasa pencacah kertas/dokument. Nah tujuan pencacah/penghancur dokument ini agar data-data yang ada pada kertas tersebut tidak bisa dibaca karena kertas telah dihancurkan menjadi sobekan-sobekan yang sangat kecil.

Mungkin ada yang berpikir, kenapa harus dicacah? kalo dibakar saja kan lebih praktis dan murah. Namun bagaimana jika kertas-kertas dokument ini jumlahnya 1 almari besar dan tersimpan di kantor. Jika dibakar di kantor, bagaimana dengan asapnya, debunya, dan berapa lama? Jika ingin dibakar jauh dari kantor, dokument tersebut biasanya juga tidak bisa keluar dari area kantor.

Sekarang  bagaimana memusnahkan file data penting yang tersimpan di harddisk? Kelihatanya hal yang sepele dan siapapun bisa melakukanya, tinggal pilih filenya trus pencet tombol del lalu tekan enter. atau pilih filenya trus tekan shift+delete lalu tekan enter. Namun dengan cara ini ternyata masih mudah di-recovery. Jadi bagaimana cara menghapus yang aman?
Sebelumnya, perlu saya informasikan bahwa WDC Black 1 Tera (hadiah dari Chip.co.id) terpasang sebagai HD utama dan berisi operating system. Sedangkan WDC Green yang sedang sakit ini terpasang sebagai secondary HD.

Tehnik menghapus file yang aman dengan “TuneUp Shredder”
tuneUp-shredder0Program-program secure delete ada banyak, antara lain TuneUp Shredder bundle dari Tune Up Utility, Active ERASER, Secure Delete Pro, dll.

Cara menggunakan TuneUp Shredder
Disini saya akan menjelaskan salah satu cara menghapus data yang aman menggunakan TuneUp Shredder.
Pertama kali buka program TuneUp Utility 2009, kemudian pilih menu Additional tools. Pada sebelah kanan ada menu TuneUp Shredder dengan sub menu; destroy files, destroy folder, destroy recycle bin. Pilih sesuai kebutuhan. Dalam kasus ini, saya memilih destroy folder untuk menghapus data dari HD 1 tera Green. Setelah folder yang akan dihapus dipilih, kemudian tekan next. Pada window baru akan muncul option tentang metode penghapusan. Ada 3 pilihan yaitu:
tuneUp-shredderQuick Delete. Menimpa file yang dihapus dengan zero caracter
Secure Delete in Accordance DOD 5220.22-M. Teknik menghapus sesuai dengan peraturan standar Pertahanan Amerika Serikat.
Secure Delete, Gutman Method. Metode menghapus yang dikembangkan oleh Peter Gutman dengan teknik yang sangat extreem namun waktu menghapus menjadi sangat lama.

Saya dalam kasus  ini  memilih metode kedua yaitu Secure Delete in Accordance DOD 5220.22-M. Setelah itu pilih Next. Kemudian tunggu sampai Selesai.

delete-secureDalam HD WDC Green 1 Tera ini berisi sekitar 500 Giga data. Jika dihapus secara konvensional, waktu yang dibutuhkan untuk menghapus cukup beberapa menit saja, namun saat saya hapus dengan  metode Secure Delete in Accordance DOD 5220.22-M dari Tune Up Utility 2009, waktu yang dibutuhkan ternyata sekitar 8 jam.


Ok Chiper, ada yang punya pengalaman dengan menghapus data? silakan share disini

sumber: ini merupakan artikel lama saya di blog chip.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: