Tutorial Komplit Membuat TEMPE

ImageRebus Kedelai sampai berbusa, gak perlu terlalu lama
yang penting berbusa.

Saring dan rendam kedelai sampai berbusa
Untuk ember/timba perendaman kedelai pertama kali disarankan 48jam perendaman.
jika setiap hari membuat tempe,maka perendaman cukup 24jam.

lalu saring dan masukkan kedelai ke ember dan giling kedelai pake gilingan khusus kedelai.
Jika tidak punya ada alternatif lain bisa ente injak-injak tuh kedelai sampai kulitnya mengelupas

Isi air,lalu pisahkan kulit dan dagingnya, sampai kulitnya hampir ilang semua,lakukan berulang ulang sampai bersih

Setelah benar benar yakin bersih
masukkan ragi tempe (bahan yang agak susah dicari,biasanya toko/distributor kedelai menjual ragi) harganya cuma Rp.10.000

akarannya satu sendok makan untuk 2kg kedelai
Tips. Jika cuaca panas maka takaran 1 sendok bisa buat 2kg
Jika musim penghujan atau daerah yang dingin maka takaran ragi 1 sendok untuk 1kg,
Tips lagi. Jika terlalu banyak ragi maka tempe akan cepat jadi,tetapi tempe menjadi cepat panas.

Aduk-aduk sampai rata tunggu 5-10 menit, buang airnya lalu tiriskan selama 15-30menit.
Kedelai siap dikemas

Siapkan plastik,jangan lupa dilubangi plastiknya, pastikan atas bawah tembus.
Di sini saya menggunakan plastik,karena murah dan ringkas,bagi yang suka bungkus daun pisang/jati,monggo  tapi jangan lupa dilubangi.

Masukkan kedelai ke dalam plastik sesuai selera agan.

Di taruh di atas kayu,jangan (keramik,hardboat,meja plastik,apalagi di genteng)
Bawahnya harus kayu supaya menyerap air

Nih gan… Setelah 30-36 jam kemudian (tergantung cuaca dan takaran ragi)

yuk.. kita hitung-hitungan habis berapa sih…. sekali buat
Kedelai 1kg = Rp. 9.000 jadinya 8plastik tempe sesuai gambar di atas
Ragi 1plastik (bisa buat 40kg)Rp.10.000:40 = Rp. 250
Kemasan = Rp.1500
Tenaga+air+LPG mungkin agan bisa kira-kira sendiri lah… di sini saya menghitung bahan utama aja

Modalnya sekitar Rp.10.750

Murah sehat MantaBBBB

sumber

ImageImage

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: