Tipe Program yang Mirip dengan Virus Pada Komputer

(ICTF – FYI) Virus Komputer adalah sebuah program yang dapat menempelkan dirinya sendiri ke dalam kode program sehingga ketika seseorang menjalankan kode program tersebut maka tanpa sengaja dia juga turut menjalankan kode yang ditempelkan oleh program virus komputer.

Berikut ini Tipe-Tipe Program yang Mirip dengan Virus :

1. Worm adalah sebuah program yang tidak menulari program lain tetapi ia berdiri sendiri sebagai sebuah program yang memiliki kemampuan untuk menyebarkan dirinya sendiri ke komputer lain yang terkoneksi dalam jaringan. Sebutan Worm ( Write Once, Read Many).

2. Trojan Horses adalah sebuah program yang di buat untuk “memperdayai” si korban. Ketika program Trojan horses di jalankan maka ia tidak hanya menjalankan program yang asli tetapi ia juga menjalankan procedure lain yang terdapat program (misalnya membuka lubang-lubang kelemahan sistem) yang bekerja tanpa diketahui oleh si korban. Program-program trojan horses biasanya menggunakan nama-nama file yang umumnya di miliki oleh operating system, misalnya jika Anda melihat sebuah file dengan nama Notepad.exe padahal program trojan horses maka dengan segera anda dapat mengasumsikan bahwa program tersebut berupa program editor akan tetapi sebenatnya pada saat anda menjalankan ptogram tersebut, ternyata program tersebut menjalankan operasi penghapusan file. Program ini bekerja dengan memamfaatkan kelemahan psikologi manusia yang mudah tertarik pada hal yang “menjanjikan dan umum” tanpa menyelidiki terlebih dahulu.

3. Dropper adalah sebuah program yang di gunakan untuk menginstal atau menghantar sebuah virus pada komputer korban. Hampir sama dengan yang di lakukan oleh Trojan akan tetapi pada saat program ini di jalankan maka ia akan melepas virus yang akan menyerang file-file lainnya. Dropper dapat kita gambarkan bagai seekor induk ular yang membawa telurnya ke dalam sarang korban dan telur tersebut akan berkembang menjadi ular yang akan memangsa korbannya.

4. Program Joke adalah sebuah program yang di buat untuk menakut-nakuti pengguna komputer dengan menampilkan kondisi seolah-olah telah terjadi kerusakan data atau serangan virus atau tampilan yang menunjukkan bahwa hard disk anda tidak di kenali lagi.

5. Bug adalah kesalahan yang terjadi pada program. Hal ini dapat menjadi masalah serius jika ternyata kerusakan akibat bug ini mengakibatkan kerusakan data atau kehilangan data yang penting yang anda miliki. Bug umumnya terjadi akibat kesalahan programmer yang tidak sengaja mengakibatkan kesalahan logika program ataupun kesalahan sintaks program yang di gunakan.

SUMBER

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: