Musuh Terbesar Hard Disk Ternyata Bukan Virus

Bisa jadi, hard disk adalah bagian termahal dalam komputer Anda. Bukan termahal karena harganya di pasaran, tetapi termahal karena setelah Anda menggunakannya sekian lama, banyak file-file penting di dalam perangkat keras ini. Begitu pentingnya file-file itu sehingga jika terhapus karena kerusakan hard disk, nilai kerugiannya bisa ratusan kali lipat dari harga hard disk baru.

Sama seperti alat mekanik lainnya, hard disk juga bisa rusak akibat terlalu sering digunakan. Semakin sering piringan hard disk berputar, semakin rentan pula terjadi kenaikan suhu pada hard disk itu. Kalau sudah begini, Anda harus hati-hati. Tingginya suhu pada hard disk berpotensi besar merusak hard disk itu sendiri. Ibaratnya, Anda sedang membakar hard disk.

Mencapai Suhu Hard Disk Ideal

Kalau Anda menggunakan komputer untuk mengetik dokumen saja, suhu hard disk tidak akan begitu panas. Terlebih jika di dalam komputer Anda terdapat pendingin (biasanya berbentuk kipas angin) yang cukup untuk mendinginkan mesin-mesin komputer, terutama hard disk. Tetapi lain ceritanya kalau Anda mengoperasikan hard disk terlalu sering dan intens.

Kapan hard disk bekerja lebih keras? Jika Anda melakukan beberapa hal di bawah ini:
1. Anda melakukan pertukaran data dari dan ke hard disk dalam jangka waktu lama. Biasanya akan Anda alami jika Anda ingin mem-back up file-file dalam jumlah besar dan massif.
2. Jika Anda menonton film dimana file film itu berada di dalam hard disk.
3. Anda mendengar musik yang file-nya berada di hard disk dalam jangka waktu lama dan non stop.
4. Anda membuat animasi tiga dimensi yang membutuhkan proses render yang berat dan lama.
5. Anda menyalakan komputer berjam-jam non stop tanpa dilengkapi mekanisme pendinginan yang efektif.

Lantas pertanyaannya, berapa derajat Celsius-kah temperatur yang ideal untuk sebuah hard disk? Umumnya, temperatur hard disk yang normal berkisar antara 35-40 derajat Celsius. Jika Anda memaksa hard disk bekerja lebih berat, temperatur bisa naik hingga di atas 50 derajat Celsius, bahkan mencapai 70 derajat. Kalau sudah mencapai angka sebesar ini, lebih baik Anda pasang pendingin baru di dalam komputer Anda jika hard disk itu ingin tetap stabil.

Mengecek Temperatur Hard Disk

Bagaimana caranya mengecek temperatur hard disk? Gunakan software khusus yang dipakai untuk mengontrol performa hard disk. Salah satu software yang bisa dipakai untuk mengontrol temperatur hard disk adalah HDD Control yang dibuat oleh AShampoo.

Sumber dimari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: