Anti Maling untuk Avanza / Xenia

Setiap tahunnya angka kasus pencurian kendaraan bermotor terus meningkat. Menurut data Polda Metro, kasus pencurian kendaraan bermotor di tahun 2008 (Januari-Mei) adalah sebesar 4.771 kasus, sementara tahun 2007 sebesar 11.620 kasus, dan di tahun 2006 adalah 10.791 kasus. Dan bulan Mei menduduki angka tertinggi dalam tahun 2008 (setiap bulan terus meningkat), yaitu sebesar 1.081 kasus.

Setiap pemilik kendaraan mengantisipasi dengan melindungi kendaraannya dengan asuransi kendaraan dan memasang sistem keamanan (alarm). Namun tidak jaminan permasalahan beres dengan mudah sekalipun dilindungi asuransi. Umumnya apabila terjadi kasus kehilangan kendaraan, proses administrasi sangat bertele-tele dan memakan waktu lama.

Sistem keamanan mobil (alarm) menjadi perangkat tambahan saat membeli mobil, khususnya untuk Avanza dan Xenia. Sayang sekali banyak teman-teman saya mengalami kecurian mobil walau sudah dilengkapi alarm. Alarm standar (di dapat dari ATPM) seperti tidak dapat membendung tindak kriminal pencurian tersebut. Maling masih dapat membungkam alarm tersebut, sehingga dengan leluasa mengakali si kunci kontak mobil agar mesin dapat dinyalakan, dan mobil di bawa kabur.

Selain alarm, banyak juga pemilik mobil yang menggunakan kunci stir

Namun banyak juga maling yang bisa melumpuhkan kunci stir tersebut…

Alarm mobil ada yang dilengkapi dengan perangkat anti pembajakan (anti-hijack) dan anti starter (immobilizer).

Anti-Hijack System

Anti-Hijack adalah alat yang dipasang pada sistem alarm, yang membuat mesin mobil dapat mati sendiri beberapa saat setelah kita mengaktifkan tombol anti-hijack. Ada juga yang fungsi ini akan aktif sendiri setiap kali kita mematikan mesin mobil, dimana saat menyalakan kembali mesin mobil, perlu memasukkan kode khusus ke satu atau lebih tombol kode yang disediakan oleh sistem alarm tersebut agar fungsi ini tidak aktif. Jadi saat mobil kita dirampas di jalan, kita cukup matikan mesin, saat perampas tersebut menyalakan mesin dan membawa kabur mobil, dalam jarak beberapa ratus meter, mesin mobil akan mati sendiri dan alarm akan berbunyi untuk membuat mereka panik, sementara kita bisa mencari bantuan untuk mengejar/menangkap perampas tersebut.

Immobilizer

Immobilizer adalah sistem yang dipasang pada sistem alarm atau langsung pada kendaraan tersebut yang membuat mesin mobil tidak dapat dinyalakan sebelum fungsi immobilizer dimatikan. Banyak mobil yang sudah dilengkapi fungsi immobilizer, umumnya bekerja langsung terhubung ke sistem komputer mobil (ECU). Seperti pada mobil BMW, Mercedes, dan lain-lain yang pada kunci kontaknya sudah dilengkapi Chip khusus sebagai bagian dari sistem immobilizer tersebut, jadi kemungkinan kunci dipalsukan sangat kecil.
Ada juga immobilizer yang disertakan dalam sistem Alarm, dimana kita harus memasukkan kunci/kartu khusus atau kode tertentu untuk mematikan fungsi immobilizer tersebut.


BIKIN SENDIRI IMMOBILIZER UNTUK AVANZA/XENIA


Setelah mempelajari wiring diagram dari mobil Avanza/Xenia, saya melihat mobil tersebut dapat dipasangkan Immobilizer bikinan sendiri. Dengan hanya bermodal saklar yang berkualitas baik (tahan minimal 10Ampere) dan kabel (diameter 3mm).

Cara Kerja:
Immobilizer ini bekerja dengan cara memutuskan listrik yang menuju Fuel Pump (pompa bensin). Sehingga mesin tidak bisa menyala karena tidak ada bensin yang tersalur ke mesin.
Karena mesin dapat di starter, seolah mobil tersebut tidak dilengkapi fungsi immobilizer dan terkesan normal-normal saja, namun hingga accu habis pun, mesin tidak akan bisa menyala.
Immobilizer ini di aktifkan atau dimatikan dengan menggunakan saklar yang tempatnya tersembunyi. Silahkan pilih lokasi yang paling dirasa aman tapi tidak sulit untuk dicapai saat akan digunakan.

Gambar di bawah ini adalah diagram pelistrikan yang berkaitan dengan Fuel Pump.

Terlihat bahwa fungsi relay fuel pump di kontrol oleh ECU. Agar tidak mengganggu sistem kerja ECU, maka pemutusan jalur ke fuel pump diposisikan pada output relay, yaitu kabel yang akan langsung menuju fuel pump.

Kabel yang menuju fuel pump adalah kabel berwarna Merah dengan ketebalan sekitar 2mm berada di PIN#13 pada socket IF1.

Lokasinya berada di balik panel plastik di dekat pedal gas.

Untuk membuka panel plastik tersebut, dibutuhkan obeng minus yang besar, dan obeng kecil untuk menusuk klip.
Membuka klip kecil tersebut dilakukan dengan cara menusuk bagian tengah klip hingga tertekan sedikit ke dalam (jangan terlalu keras/dalam menusuknya).

Kemungkinan besar plastik di bagian bawah pintu juga akan terangkat saat melepas panel plastik tersebut.

Socket IF1 terlihat seperti gambar di atas.

Sususan kakinya seperti ini

Temukan kabel berwarna MERAH dengan ketebalan 2mm pada socket IF1 tersebut (pin#13).

Siapkan saklar + kabel (diameter minimal 2mm).
Pilih saklar yang berkualitas baik, yang mampu bekerja hingga minimal 10Ampere. Saklar yang tidak bagus bisa membuat repot di kemudian hari,.. karena tiba-tiba mesin akan bisa mati sendiri pada saat mobil sedang digunakan, hanya akibat dari koneksi saklar yang buruk sehingga fuel pump tidak mendapat aliran listrik.

Setelah saklar dan kabel siap, putuskan kabel merah tadi dan sambungkan dengan rangkaian saklar kabel tadi. Sambunglah kabel sebaik dan serapih mungkin agar tidak mudah terlepas. Bungkus dengan baik dan rapih, seakan perkabelan mobil tidak pernah diutak-atik sama sekali.

Silahkan cari lokasi penempatan saklar immobilizer tersebut di tempat yang tersembunyi namun mudah untuk dicapai (tidak merepotkan diri sendiri).

Pasang dan rapihkan kembali panel plastik yang tadi dibuka.

Melihat proses pemasangan di atas, menjadi keuntungan tersendiri bagi Avanza/Xenia, karena maling cukup repot, tidak menyangka mobil tersebut dilengkapi immobilizer dan seandainya mereka (maling) sudah tau tips ini, tetap merepotkan apabila harus membongkar panel plastik itu.

Jadi saran saya, jika memungkinkan pilih posisi pemotongan kabel MERAH tadi di bagian yang tersembunyi. Bungkuslah dengan rapih.

Nah, setelah selesai memasang immobilizer tersebut, aktifkan setiap kali parkir di manapun yang dirasa kurang aman. Kita sudah berusaha untuk meredam tindak pencurian, namun selebihnya kita berdoa kepada Allah agar selalu dilindungi dari orang-orang jahat.

KESIMPULAN:
Immobilizer ini membuat seolah mobil kita kehabisan bensin, sehingga mesin tidak bisa hidup walaupun distarter hingga accu soak, sekalipun di dorong-dorong.

Semoga bermanfaat!.

Terimakasih untuk:
Rekan-rekan AXIC (Avanza Xenia Indonesia Club)
Andi AXIC untuk pinjaman mobilnya.

sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: