Tip Agar Mobil Anda Tak Hilang Dicuri

 

1300763130105905024

Yang putih-putih di mobil itu bukan salju, itulah nasib mobil yang diparkir di luar. Foto by Syaripudin Zuhri.

Musim dingin akan berlalu dan musim segi segera menggantikannya, suhu mulai bergerak dikisaran nol ke plus, udara mulai segar, dingin tidak terlalu mengigit sekarang-sekarang ini dan memang begitu musim berputar, namun ada sisa-sisa musim dingin yang nampak di berbagai jalan dan taman di Moskow. Apa yang terjadi musim dingin? Wah banyak, salah satunya tentang mobil.

Anda bisa membayangkan mobil di Rusia saat musim dingin, apa lagi bila dinginya sudah sampai ketitik ekstrem, maka mobil anda siap-siap membeku di segala sisinya. Namun ada yang lebih unik lagi, bila mobil yang anda gunakan sehari-hari di musim dingin tidak anda pakai, dengan alasan praktis naik metro. Kalau naik metro anda tidak disibukan dengan kerok mengerok es dari badan mobil anda, anda tak disibukan untuk memanaskan mobil minimal tiga puluh menit dan anda tak perlu direpotkan dengan mengganti ban mobil yang berbaku.

Namun ada yang perlu perhitungkan dengan mobil anda yang dibiarkan selama tiga bulan penuh di saat musim dingin, dan itu banyak dilakukan oleh orang Rusia. Mereka karena tak ada garasi di apartement tempat tinggalnya, maka parkirnya ya di jalanan, ya dijalanan tanpa apa-apa, tanpa ditutup untuk menghalangi dari berbagai kotoran atau gangguan ke badan mobil. Yang terjadi adalah mobil anda akan ditutupi atau ditimbuni salju oleh petugas kebersihan di jalan, sampai mobil anda tertutup salju seluruhnya dan anda tidak bisa protes karenannya.

Banyak akibat lain kalau mobil anda diparkir dijalanan, hilang? Ini yang sering terjadi, terutama kalau mobil-mobil yang parkir sembarangan itu mobil orang asing. Padahal sudah pakai alarm, kunci stang dan lain-lain, namun pencuri punya cara sendiri untuk “menyelesaikan” semua itu, biasanya yang dicuri mobil-mobil  Mercy, BMW dan yang sekelas dengannya. Lalu apakah mobil buatan mereka atau mobil jelek di curi juga? Nah kalau mobil yang kurang bagus, yang di curi adalah pembersih kaca, karena  udah di copot, bensin di sedot, kalau teanknya tidak di kunci, bahkan ban mobil anda bisa dicuri…, iya ban mobilpun di curi, bukan ban cadangan, tapi bank yang sedang digunakan, maka jangan heran bila pagi hari ketika anda akan pergi dan melihat  ban mobil anda sudah tiada, ban mobil  anda hilang, ini Rusia bung!

Atau mobil anda sedang parkir dan di tempat yang sama tiga bula penuh, siap siap mobil anda jadi tempat pembuangan salju, ditimbun salju atau ketika musim semi, mobil anda menjadi tempat burung buang kotorannya, maka agak susah membedakannya bila dilihat dari jauh, itu kotoran burung atau salju yang melekat di mobil anda! Lalu apa yang anda bisa lakukan untuk menyelamatkan mobil anda dari berbagai kejadian di atas.

1300763382360775717Mobil yang tengah dibenamkan salju. Foto by Syaripudin Zuhri.

Pertama, tentu saja cari tempat parkir yang aman, kalau di situ ada satpam atau  pos polisi, parkirlah dekat-dekat dengan pos polisi tersebut, seandainyapun anda tidak bicara dengan polisi yang ada di pos itu, pastikan mobil anda terkunci, sudah aman. Loh kok bisa? Iya, karena polisi di Rusia ternyata amat disegani oleh mereka, para pencuri masih takut pada polisi, pelanggar lalu lintaspun masih enggan pada polisi. Dan tongkat polisi di Rusia masih “ampuh”, kalau tongkatnya sudah lurus menghadang mobil anda, anda harus berhenti, bila nekat di radius 100 meteran ada polisi lain yang akan menghadang anda, akibatnya akan lebih parah, maka lebih baik berhenti pada saat polisi pertama tadi.

Kedua, beli atau gunakan garasi “kodok” garasi unik, yang bisa dipindah-pindahkan, karena ukurannya pas untuk mobil anda, artinya hemat tempat! Nah garasi “kodok” atau “keong” ini amat praktis, mobil anda aman dari salju dan pencurian dan bila anda tak membutuhkan di musim panas bisa dijual kembali. Garasi mobil model keong inilah yang banyak digunakan oleh orang Rusia, karena selalin aman buat mobil, garasi hemat tempat, ya maklum kalau anda parkir di jalanan, banyak jga mobil lain yang parkir seperti itu.

Ketiga, kalau mobil anda takut mogok, karena dingin yang membekukan, ada cara lain yang sedikit repot tapi mobil akan lancar pagi-paginya, bukan accunya dan bawa ke dalam apartement anda. Loh repot dong tiap hari begitu? Ini Rusia bung, repot tak masalah, yang penting mobil anda bisa jalan saat digunakan. Itulah yang dilakukan orang Rusia dan ternyata”manjur!” Atau accu mobil anda ditutup karung, nah yang ini lebih repot lagi, tapi itulah yang terjadi!

Keempat, jangan lupa pasang alarm, kunci stang dan cabut salah kepala busi mobil anda, jadi walau pintu sudah terbuka, kunci stang juga bisa diakali oleh pencuri, namun mobil anda tidak bisa jalan, karena salah satu kepala businya tak ada, alias anda simpan sendiri dan mobil anda “aman” tak bisa di bawa lari pencuri, karena susah distarter! He … he  … he …. ini Rusia bung! Jangan lupa salah satu  kepala busi anda bawa ke aparteman anda, jangan di diletakkan di dalam dasboard, itu sama juga bohong, iya karena pencurinya tentu akan menemukannya. Yang satu ini bisa juga dilakukan untuk motor saat anda parkir di mall ketika anda belanja, jadi cabut kepala businya, kantongin dan jangan lupa konci stangnya.

Kelima, ada cara yang lain, namun ini lebih mahal, yaitu memasang “signal” di salah satu badan mobil anda, yang disimpan atau diletakkan yang amat tersembunyi, dengan demikian, walaupun mobil anda hilang dan di bawa kabur oleh pencuri, mobil anda bisa di lacak kemana perginya, kemana pencuri itu membawa, bahkan bisa diketahui walaupun sudah melewati lintas batas negara, karena signal tadi berhubungan dengan satelit. Nah kalau di Indonesia sudah pakai sistem ini, mobil anda aman.

1300763508889064440Coba lihat itu, hanya tinggal sedikit yang tersisa, semuanya sudah diurug salju. Foto by Syaripudin Zuhri

Keenam, pastikan surat-surat mobil anda asli, bukan aspal! Bisa saja terjadi mobil sudah anda beli, tapi ada yang melaporkan bahwa dia kehilangan mobil dengan nomor sekian-sekian, merknya ini, warnanya itu dan sebagainya, pas yang terjadi ciri mobil tersebut sama dengan mobil anda, padahal anda membeli bukan sama pencuri dan suratpun ada, namun setelah diteliti polisi, surat itu aspal dan mobil anda diambil polisi, polisi lalu mengembalikan mobil itu pada pemiliknya dan anda hanya bisa gigit jari, uang anda hilang dan orang yang telah menjual mobil pada anda hilang ditelan bumi, entah kemana kaburnya. Ini Rusia bung, anda beli mobil, tapi mobil anda diambil polisi dan anda tak bisa menutut apapun!

Ketujuh, kalau mobil anda hilang segera lapor ke polisi dan bila mobil itu ditemukan entah seminggu atau sebulan, mobil itu akan kembali ke anda dan diserahkan ke anda lagi tanpa kurang suatu apapun.Ini di Rusia, kalau di Indonesia sepertinya sama, mobil yang ditemukan oleh polisi karena dicuri bisa diambil kembali oleh sang pemiliknya. Semoga ketujuh tip tersebut tak dibaca oleh pencuri atau semoga pencuri tidak membaca tulisan ini!

Terakhir, bila anda tak mau kehilangan mobil, jangan beli mobil, beres,  anda tak akan pernah kehilangan mobil !

sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: