Pengalaman bersama Norton Ghost

Kali ini saya akan menceritakan pengalaman menggunakan norton ghost dan backup data ke WDC 1 Tera Black saya. Sebuah Laptop dengan OS Windows XP mengalami problem dengan driver-drivernya. Terutama Sound dan Wifi ngga detect. Kebetulan tidak ada CD driver dan koneksi inet kurang mendukung. Bingung kan harus bagaimana?

Nah, cerita selengkapnya begini.
kebetulan di dalam HD saya temukan 2 file yang sepertinya dibuat norton ghost karena berekstensi .gho ukuran file tersebut 850 mega dan 900 mega. YES ! ini pasti berisi windows dan drivernya, jadi tinggal diextract saja beres deh. begitu yang ada di pikiran saya?

Namun sebelum saya lakukan extract file .gho tersebut tak lupa saya backup data yang ada di laptop ke dalam WDC 1 Tera Black menggunakan converter usb to sata. Yah sekedar antisipasi saja, siapa tahu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Ya, mumpung ada HD kapasitas besar nih.

Ok, setelah backup selesai, saya gunakan software norton ghost untuk mengekstrak file .gho yang berukuran 900 mega. Saya pilih yang berukuran besar dulu karena kemungkinan file ini yang lebih lengkap terutama driver.

Setelah menunggu sekitar 20 menit proses extract selesai. Windows telah diganti yang fresh hasil extract. Namun setelah saya cek ternyata soundcard dan wifinya tetap tidak terdeteksi. Yah… percuma!  Dan lebih gawat lagi nih, ternyata partisi D dan E ikut hilang….Wuahh… Cape deh !!! Teringat masih ada 1 file .gho lagi yang kemudian saya coba extract. Setelah selesai hasilnya ternyata MIWON alias sami mawon alias sama saja, driver tetap tidak terdeteksi.

Tapi bagaimanapun, masih bisa bersyukur karena data-data masih sempat saya backup berkat WDC 1 Tera Black. Tindakan selanjutnya adalah mau ngga mau harus download driver satu persatu meskipun inet lambat. Dengan sedikit bersabar (semalaman) akhirnya driver berhasil didownload semua.

Kesimpulan & Saran
Pelajari dan baca step-step software norton ghost dengan benar sebelum melakukan extract .gho agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti yang saya alami.
Backup data untuk jaga-jaga biar pekerjaan jadi lebih mudah. Coba seandainya data tidak dibackup. Mungkin dari masalah sepele yaitu driver yang tidak terdeteksi meluas jadi kehilangan semua data di laptop

Satu Tanggapan

  1. Pengalaman sy restore .GHO normal lancar bos, stl restore langsung tancap No Problem.. Tp ngomong2 tu file GHO pnya bos apa bener hasil backupan pd saat msh system jln normal? kl system dah bermasalah dg driver2 spt bos katakan baru di kloning/dibackup pake Ghost,, yah,, hasil restorenya percuma aja bos.. MIWON jg hasilnya..
    Lagian restore ga bakalan hilangin drive yg lain kok.. asal restorenya pilih yg partition from image, kl disk from image ya kyknya ilang driven (D:)
    dmk pngalaman sy bos..
    salam..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: