Perbaikan Error 1719 pada Windows XP

Error 1719 in Windows XP berkaitan dengan pesan kesalahan “The Windows Installer Service could not be accessed.”, dan berhubungan dengan Windows installer. Error ini bisa muncul baik ketika menginstal perangkat lunak maupun ketika uninstall perangkat lunak. Ini termasuk Windows update, karena proses update Windows juga menggunakan installer. File yang mengalami error 1719 juga berkaitan dengan “MSIEXEC.EXE”. Kemungkinan besar file tersebut hilang atau rusak. Corrupt ini juga dapat berarti bahwa ada masalah di registry Windows yang melibatkan file msiexec.exe.
Cara melakukan Repair Error 1719
Dalam banyak kasus, error ini dapat diperbaiki dengan re-registering file msiexe.exe. caranya adalah melalui command prompt

1. Klik [Start] > [Run] lalu ketik “cmd” dan kemudian tekan [Enter]
2. Pada jendela command prompt ketik “msiexec /unreg” dan tekan [Enter].
3. Selanjutnya ketik “msiexec /regserver” dan tekan [Enter] lagi.
4. Sekarang reboot komputer lihat apakah masalahnya hilang. Jika anda pengguna Windows 7 64-bit version, anda juga harus menjalankan perintah ini: “C:WindowsSyswow64Msiexec /regserver”.

Jika belum berhasil, ulangi langkah-langkah diatas melalui safe mode.
Cara lain adalah melalui Windows registry entry. Buka Windows registry (Start menu -> Run… -> ketik “regedit” dan tekan Enter), lalu masuk ke alamat ini;
HKEY_LOCAL_MACHINESYSTEMCurrentControlSetServicesM SIServer

msiexec.exe”, yang diikuti “/V”. Cek lokasi file ini dan jika perlu membuat perubahan, silakan. Cara terakhir yaitu dengan mengecek Installer service secara menual. Silakan jalankan; (Start menu -> Run… -> ketik “services.msc” dan tekan Enter). Scroll kebawa menuju ke Windows Installer service dan check apakah Startup Type diset secara Manual. Jika tidak silakan klik kanan pada Windows Installer lalu pilih Properties. Selanjutnya ubah [Startup type] menjadi [Manual] dan klik [OK].
Sampai pada posisi ini jika ingin install/uninstall sebaiknya restart dulu computer.

Jika tidak ada satupun dari metode diatas yang dapat membantu, Anda juga dapat mencoba untuk mendownload dan menginstal ulang Windows Installer dari situs Microsoft, tapi ini biasanya hanya akan membantu pada Windows XP dan Windows 2003 server sementara Vista dan Windows 7 sudah termasuk dalam DVD installer.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: