Himpunan Pengusaha Alumni Gadjah Mada (hipagama)

Menjembatani Alumni Memasuki Bangku Bisnis dalam Dunia Nyata Secara Profesional
SEKRETARIAT:
Jalan Sagan I/5 YOGYAKARTA 55223 Telp/Fax: (0274) 589279
E-mail: hipagama@yahoo.co.id

CP: Sekjen HIPAGAMA
Hawwid Raden, SS., MM-CAAE.
HP: 085 8785 65145 – (0274) 921 5595
E/FB: hawwid.raden@yahoo.co.id

================================================== =====================

PENGANTAR

Universitas Gadjah Mada Yogyakarta adalah universitas terbesar dan tertua di Indonesia. Universitas Gadjah Mada juga merupakan sebuah universitas negeri yang telah turut memberikan kontribusi positif dalam pembangunan bangsa dan negara Indonesia melalui para alumninya. Alumni-alumni Universitas Gadjah Mada Yogyakarta tergabung dalam wadah tunggal “Keluarga Alumni Gadjah Mada” yang lebih dikenal sebagai KAGAMA. Namun, seiring dengan kemajuan jaman dan kebutuhan akan sumber daya manusia yang berkualitas di Indonesia dalam menghadapi persaingan global, maka dituntut pula suatu kesatuan organisasi yang mampu menjawab tantangan tersebut.
Himpunan Pengusaha Alumni Universitas Gadjah Mada atau HIPAGAMA didirikan untuk menjawab tantangan menghadapi persaingan global yang semakin kompetitif di atas. Melalui HIPAGAMA, persatuan dan kesatuan Alumni Universitas Gadjah Mada yang memiliki semangat, dedikasi, profesi dan aktivitas kewirausahaan dapat diakomodasikan untuk memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat, organisasi, almamater, bangsa dan negara Indonesia.
HIPAGAMA didirikan di Yogyakarta pada hari Sabtu tanggal 9 Mei 2009 melalui pertemuan beberapa Alumni Universitas Gadjah Mada yang diundang khusus untuk membentuk organisasi HIPAGAMA.

VISI

HIPAGAMA yang lahir di tengah era digital dan persaingan global yang sangat kompetitif, membangun Organisasi dengan satu tekad dan komitmen sebagai “Corporate Organization” berlandaskan visi “Menjadikan Alumni Universitas Gadjah Mada sebagai Alumni Luar Biasa yang siap berkarya nyata bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, organisasi, almamater, bangsa dan negara Indonesia”

MISI

HIPAGAMA didirikan dengan mengemban misi sebagai berikut:
1. Membangun persatuan dan kesatuan Alumni Universitas Gadjah Mada pada umumnya dengan mendukung program-program Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada, khususnya di bidang pengembangan Sumber Daya Manusia dan Kewirausahaan.
2. Menghimpun dan mempersatukan Pengusaha Alumni Universitas Gadjah Mada.
3. Meningkatkan kualitas, peran dan kontribusi nyata Pengusaha Alumni Universitas Gadjah Mada bagi organisasi, almamater, masyarakat, bangsa dan negara Indonesia.
4. Menumbuhkan semangat kewirausahaan dan menciptakan kader-kader Pengusaha Alumni Universitas Gadjah Mada yang profesional dalam rangka mendukung roda perekonomian bangsa dan negara di segala bidang.
5. Menjembatani hubungan mutualis antara masyarakat, organisasi, almamater, pemerintah, dan swasta dalam mendukung program-program pembangunan pemerintah Indonesia dengan semangat kewirausahaan.
6. Mewakili anggota HIPAGAMA dalam kapasitas sebagai wadah organisasi dalam menghadapi dan menyelesaikan suatu masalah berkenaan dengan aktivitas profesional anggota yang bersangkutan.

PROGRAM

1. Menjadi Pendamping Setia KAGAMA.
2. Menyusun “Directory” dan Buletin HIPAGAMA
3. Menyediakan Beasiswa HIPAGAMA.
4. Menyiapkan Kader HIPAGAMA.
5. Menyiapkan lapangan kerja nyata bagi Alumni Universitas Gadjah Mada yang berkualitas, antara lain:
a. HIPAGAMA Business Consulting Group
b. HIPAGAMA Business Training Center
c. HIPAGAMA HR Development
d. HIPAGAMA Business & Franchise Development
e. HIPAGAMA Network Management
f. HIPAGAMA Event Management
g. HIPAGAMA Finance Management
h. HIPAGAMA Investment Management
i. HIPAGAMA Tourism Management
j. HIPAGAMA Property Management
6. Mendirikan lembaga-lembaga bisnis yang berkualitas baik di tingkat regional, nasional dan internasional di bawah Manajemen HIPAGAMA.

KEANGGOTAAN

HIPAGAMA membuka kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat yang ingin menjadi Anggota HIPAGAMA dengan kategori sebagai berikut:
1. Anggota Luar Biasa
Alumni Universitas Gadjah Mada, dari berbagai disiplin ilmu dan strata pendidikan, yang memiliki semangat, dedikasi, profesi dan aktivitas sebagai seorang Wirausaha
2. Anggota Sangat Luar Biasa
Mahasiswa aktif di Universitas Gadjah Mada dan sudah memiliki kegiatan usaha secara profesional atau pernah menjadi Mahasiswa Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan sekarang sudah memiliki unit usaha secara profesional.
3. Anggota Kehormatan
Atas usulan Anggota/Pengurus HIPAGAMA, karena dedikasi dan kontribusi seseorang untuk pengembangan kewirausahaan di Indonesia, dan disetujui pada salah satu kegiatan Musyawarah Anggota HIPAGAMA.

KEPENGURUSAN

Kepengurusan dan Perangkat Organisasi HIPAGAMA diatur sebagai berikut:
1. Masa jabatan 2 (dua) tahun dan dapat diperpanjang 1(satu) periode untuk jabatan dan tingkat kepengurusan yang sama.
2. Menerapkan Konsep “Appointed” dan “Elected” Board untuk menjadikan HIPAGAMA sebagai salah satu organisasi Pengusaha yang berkualitas dan profesional.
3. Menerapkan Struktur Organisasi yang Efektif dan Efisien dengan tetap Memadukan Kultur Oraganisasi di Indonesia.
4. Menerapkan Struktur Kepengurusan di tingkat Nasional, Daerah dan Lokal, untuk mengakomodasikan segenap potensi Anggota HIPAGAMA di seluruh Indonesia.
5. Menerapkan Perangkat Organisasi dengan Konsep Organisasi Internasional yang Padat Aktivitas, Berkualitas dan Berakhir Tuntas: “JBM: January Board Meeting”, MYM: Mid Year Meeting”, “RegCon: Regional Convention”, dan “NatCon: National Convention”.

SYARAT PENDAFTARAN

1. FC Kartu Anggota KAGAMA
2. FC Ijazah Universitas Gadjah Mada
3. FC KTM Semester terakhir
4. FC KTP yang masih berlaku
5. Pas Foto terbaru 1 x (3×4) cm
6. Mengisi Formulir Pendaftaran
7. Biaya Pendaftaran Rp 100.000,00

FASILITAS

1. Kartu Anggota HIPAGAMA
2. Alamat Bisnis Sementara
3. Majalah KAGAMA
4. Buletin HIPAGAMA
5. Info-info Bisnis HIPAGAMA
6. Discount dan Pelayanan Istimewa pada jaringan Bisnis HIPAGAMA

Tinggalkan komentar